Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Buku Fiksi: Definisi,Contoh dan Perbedaannya

 

buku fiksi
buku fiksi


Apakah kamu gemar membaca buku bergenre fiksi? Jika jawabannya ya, mari memahami lebih dalam tentang definisi buku fiksi, berbagai jenisnya, serta contoh-contoh dari masing-masing jenis tersebut. Terdapat beragam jenis buku, baik itu fiksi maupun non-fiksi. Kedua kategori ini memiliki spesifikasi dan jenis-jenis khusus. Dalam pembahasan kali ini, kita akan fokus pada definisi serta jenis-jenis buku fiksi.

Definisi Fiksi

Kata 'fiksi' berasal dari bahasa Latin 'fictus' yang artinya 'membentuk' - fiksi adalah cerita yang 'dibentuk' dan diciptakan oleh seorang penulis.

Sedangkan Fiksi secara pengertian adalah semua jenis karya sastra yang dibuat dari hasil imajinasi dan biasanya memiliki unsur naratif.karya fiksi biasanya dibuat dalam  bentuk buku dan cerita. Ada banyak jenis karya  fiksi diantaranya misteri, fiksi ilmiah, roman, fantasi, dan thriller kriminal.

Karya Fiksi bertolak belakang dengan karya non-fiksi. Dimana karya non-fiksi Ini dapat didasarkan pada fakta atau peristiwa nyata.karya Fiksi dibuat untuk menghibur dan menarik emosi para pembacanya

Contoh karya fiksi

beberapa contoh karya fiksi dalam bentuk buku fiksi,diantaranya:

* Novel: Novel adalah cerita yangmemiliki alur panjang dan ditulis dalam bentuk buku bacaan. Itu adalah karya fiksi prosa. Isi novel lebih panjang dari sebuah cerita pendek dan novel.

* Novella: Novella adalah karya fiksi mandiri yang lebih pendek dari novel berdurasi penuh tetapi lebih panjang dari cerita pendek atau novel.

* Cerita pendek: Cerita pendek jauh lebih pendek daripada novel dan biasanya hanya membahas beberapa karakter.

* Flash fiction: Flash fiction adalah jenis tulisan fiksi yang didefinisikan oleh pendeknya tulisan tersebut. Fiksi flash biasanya disimpan di bawah jumlah kata yang ketat untuk menceritakan sebuah cerita dengan kata-kata sesedikit mungkin. Beberapa fiksi flash menceritakan sebuah cerita hanya dalam beberapa kata.

* Naskah drama: Naskah drama atau drama adalah cerita yang telah ditulis untuk dibawakan oleh para aktor, dengan istilah 'lakon' yang berkaitan dengan pertunjukan teatrikal.

* Puisi: Puisi menggunakan bahasa, ritme, rima, pencitraan, dan lainnya yang dipilih secara khusus untuk membuat gambar atau menceritakan sebuah narasi. Puisi bisa pendek atau sepanjang novel lengkap.

Seperti yang kita ketahui,karya fiksi banyak kita jumpai, Dan itu tidak hanya harus menjadi sebuah buku fiksi. Film favorit Anda adalah sebuah karya fiksi. Puisi naratif adalah sebuah karya fiksi. Fiksi adalah bagian penting dari masyarakat dan budaya kita. Ini juga dapat dibagi menjadi dua jenis fiksi-fiksi komersial dan fiksi sastra. Tapi apa itu fiksi komersial dan sastra?

Karya Fiksi komersial termasuk novel dan tulisan fiksi yang dapat dibaca dan dinikmati oleh khalayak luas. Contoh genre fiksi antara lain:

* Misteri

* Romansa

* Thriller hukum

* Fiksi ilmiah

Fiksi sastra ditujukan untuk jumlah audiens yang jauh lebih kecil dan bermuatan akademis atau berjiwa petualang secara intelektual. Apa yang membedakan fiksi sastra adalah kualitas nyata yang dikandungnya seperti tulisan yang bagus namun rumit, orisinalitas pemikiran, dan gaya bahasa.

Apa perbedaan antara fiksi dan non-fiksi?

Fiksi dan nonfiksi sama-sama merupakan jenis penulisan naratif yang sering diajarkan di sekolah. Namun, baik karya dan non fiksi memiliki perbedaan yang mendasara. Teks fiksi dibuat dari imajinasi dan termasuk cerita yang dibuat-buat dengan karakter, latar, dan plot dari imajinasi penulisnya sendiri. Ada berbagai jenis teks fiksi seperti buku bergambar, novel, dan dongeng klasik, antara lain.

Sedangkan pengertian nonfiksi adalah istilah untuk setiap tulisan yang dibuat dengan maksud untuk menyampaikan kebenaran atau informasi kejadian nyata kepada penontonnya. Artinya kebalikan dari fiksi. Teks 'Non-fiksi' didasarkan pada fakta dan informatif. Ini termasuk buku-buku sejarah, otobiografi, dan banyak lagi.

Berikut contoh penulisan fiksi dan non-fiksi ini untuk melihat di mana Anda dapat menemukan perbedaan antara kedua bentuk penulisan ini.

Contoh Fiksi: Dongeng, puisi, lakon, novel

Contoh Non-fiksi: Otobiografi, buku teks, surat kabar

Jenis karya fiksi populer: genre  karya fiksi yang populer dikalangan kalangan muda

Banyak buku fiksi bergenre genre yang biasa ditemukan di pojok baca dan perpustakaan sekolah yang dapat diklasifikasikan ke dalam genre populer dan terkenal. Berikut  jenis buku fiksi terbaik untuk membuat anak Anda bersemangat membaca dan menulis.

* Kisah petualangan: Kisah petualangan adalah kisah yang sering kali mencakup sesuatu yang menarik dan luar biasa, seringkali berupa pencarian atau misi. Sebuah kisah petualangan yang baik memiliki kemampuan untuk menarik anak-anak Anda ke dunia atau waktu yang tidak akan pernah bisa mereka jelajahi. Karena cerita petualangan sangat imersif, anak-anak tidak akan tahu bahwa mereka sedang belajar sambil jalan!

* Fiksi kriminal / detektif: Detektif dan fiksi kriminal cenderung mengikuti formula klasik 'whodunnit', di mana pembaca dapat membantu memecahkan kejahatan atau misteri dengan karakter yang hidup. Cerita detektif adalah genre populer di mana kejahatan diperkenalkan dan diselidiki dan pelakunya terungkap.

* Fiksi thriller: Fiksi thriller sangat bagus untuk pembaca Anda yang suka berpetualang dan imajinatif. Thriller sering kali menyertakan alur cerita yang kelam, taruhan tinggi, dan cerita yang digerakkan oleh plot yang menegangkan.

* Fiksi fantasi: Fantasi adalah jenis fiksi yang biasanya, mengambil inspirasi dari mitos dan legenda, berlatarkan dunia fiksi dan menampilkan karakter supernatural dan makhluk mitos. Cerita fiksi fantasi adalah pelarian yang indah dari norma dan kenyataan. Inilah yang membuat mereka begitu populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa

* Fiksi ilmiah: Fiksi ilmiah, sering disingkat menjadi 'sci-fi', adalah genre fiksi yang biasanya berlatar luar angkasa atau di masa depan. Ini dapat mencakup pesawat ruang angkasa, astronot, mesin, robot, dan alien. Cerita fiksi ilmiah seringkali tentang menjelajahi dunia baru, menemukan teknologi ilmiah imajiner baru, atau berpetualang di luar angkasa. Cerita fiksi ilmiah sangat bagus untuk siswa Anda yang ingin tahu dan mencari sensasi.

* Fiksi dewasa muda: Fiksi dewasa muda sekarang sedang booming popularitasnya, berkat protagonis muda yang berkesan seperti Harry Potter dan Percy Jackson. Ciri utama young adult fiction (sering disingkat menjadi YA fiction) adalah tokoh utamanya seumuran dengan penonton yang dituju dalam cerita tersebut, biasanya berusia antara 12 dan 16 tahun. Ceritanya akan mengeksplorasi perjalanan masa depan mereka, baik melalui hubungan mereka dengan karakter lain atau melalui lensa misi penting untuk menyelamatkan orang dari bahaya.

* Fiksi romantis: Romansa adalah salah satu genre fiksi terlaris di pasar orang dewasa. Ini berfokus pada hubungan antara dua karakter, biasanya dengan banyak liku-liku yang terjadi untuk mencoba dan mencegah mereka berkumpul sebelum mereka mendapatkan akhir yang bahagia! Meskipun romansa bukanlah genre yang ditujukan untuk anak-anak, banyak cerita anak-anak mengandung unsur romansa-pikirkan semua pangeran dan putri dalam dongeng. Romansa juga merupakan elemen populer dari fiksi dewasa muda, dengan karakter mengeksplorasi perasaan mereka terhadap orang lain seiring bertambahnya usia.

* Fiksi sejarah: Fiksi sejarah mengacu pada cerita fiksi apa pun yang berlatar di masa lalu. Kadang-kadang cerita berisi tokoh-tokoh nyata dari sejarah, seperti raja, ratu atau bahkan selebriti dari zaman sebelumnya, tetapi tokoh sentral hampir selalu merupakan produk imajinasi penulis. Plotnya mungkin juga berisi versi fiksi dari peristiwa yang benar-benar terjadi, atau mungkin seluruhnya dibuat-buat. Buku-buku fiksi sejarah biasanya diteliti dengan cermat, untuk memastikan semua detail periode waktunya benar.

Tidak semua cerita fiksi dapat dengan mudah dikategorikan. Banyak cerita mengandung unsur dua jenis fiksi atau bahkan lebih. Pikirkan serial Harry Potter, misalnya. Ini adalah serial dewasa muda, tetapi juga merupakan kisah petualangan dengan pencarian sentral. Ini mengandung unsur fantasi, dengan banyak keajaiban dan makhluk mitos, dan ada juga cukup banyak romansa.

Demikian pengertian secara lengkap tentang karya sastra fiksi.semoga menambah wawasan bagi kita semua.temukan artikel menarik lainnya di folderbaca.com

 

hendra adi p
hendra adi p blogger from the land of borneo, interested in the online world since 2016 and until now continues to learn about everything to be able to increase self-value