Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Blogger Supaya Bisa Konsisten Menulis


Tips menjadi blogger menjadi hal yang sangat berharga. Itu karena banyak orang yang mencoba untuk menjadi blogger namun hasil yang didapat tidak sesuai dengan keinginan. Ada banyak masalah yang biasanya dialami oleh blogger baru.

tips menjadi blogger


Namun di antara banyaknya masalah tersebut, konsistensi adalah yang paling pokok. Sering kali seorang blogger baru tidak konsisten dalam menulis. Ini tentu tidak berefek baik untuk hasil tulisan yang dibuat.

Jika seseorang tidak konsisten dalam menulis, sangat mungkin perkemangan blognya tidak sesuai dengan keinginan. Nantinya rasa malas akan semakin tinggi karena merasa apa yang dilakukan di blog tidak mengalami perkembangan.

Tips Menjadi Blogger Supaya Konsisten

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat blogger bisa konsisten. Di antara banyaknya cara tersebut, terdapat beberapa yang terbilang paling efektif. Di kesempatan kali ini tips yang paling jitu akan dipaparkan secara lebih rinci.

1. Tema

Langkah awal dalam tips menjadi blogger berkaitan dengan tema. Intinya kamu harus menentukan tema tulisan yang akan dibuat sejak awal. Adalah sebuah kesalahan jika menulis terlalu banyak tema sekaligus.

Itu karena topik baru akan terasa lebih sulit untuk ditulis. Nantinya ini bisa saja menurunkan motivasi Kamu dalam menulis. Memilih satu tema dan menjadi spesialis adalah pilihan paling tepat. Lagipula satu tema memiliki banyak cabang yang bisa dikembangkan.

Sebagai contoh misal kamu membuat blog dengan tema psikologi. Nantinya blog tersebut bisa berisi tips yang berhubungan dengan psikologi, masalah-masalah dalam psikologis manusia, hingga sejarah psikologi itu sendiri. Cabang semacam ini juga berlaku untuk tema lain.

2. Orientasi

Tips menjadi blogger berikutnya berkaitan dengan orientasi atau tujuan. Intinya Kamu perlu memastikan kalau tujuan menulis sudah dimiliki dengan baik. Jangan melakukan kesalahan dengan menulis tanpa tujuan sama sekali.

Sebagai langkah awal, minimal Kamu harus menulis untuk diri sendiri. Menulis untuk diri sendiri membuat Kamu tidak akan peduli apakah tulisan yang dibuat viral atau tidak. Menulis untuk diri sendiri juga berfungsi untuk mengasah gaya menulis Kamu.

Coba lihat bagaimana cara Kamu memasukkan ide pada sebuah tulisan. Jangan ragu untuk meminta pendapat dari orang lain. Tulisan yang baik biasanya memiliki ide yang dipaparkan dengan jelas dan sukses memengaruhi orang lain.

3. Menarik

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau menulis untuk diri sendiri adalah tips menjadi blogger yang sangat penting. Tetapi ingat, Kamu juga perlu sadar kalau menulis blog pada akhirnya ditujukan agar tulisan tersebut dibaca oleh orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan apakah tulisan yang dibuat menarik atau tidak di mata orang lain. Jangan sampai hanya menulis tanpa menyadari tingkat kemenarikan dari tulisan tersebut. 

Lebih dari 50 persen pengunjung dari sebuah blog biasanya berasal dari pencarian organik. Ini membuktikan kalau tulisan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pembaca bisa membuat banyak orang tertarik.

4. Teknik Dasar SEO

Tips menjadi blogger terakhir berkaitan dengan teknik dasar SEO. SEO adalah teknik menulis yang ditujukan supaya artikel yang dibuat sukses mencapai halaman teratas di mesin pencarian google. Ini tentu bisa meningkatkan pengunjung dari blog.

Dengan pengunjung yang meningkat, motivasi dalam menulis pasti bertambah. Hal tersebut akan sangat berguna supaya konsistensi dalam menulis bisa bertahan. Lagi pula, menulis pada akhirnya ditujukan supaya manfaat di dalamnya dirasakan banyak orang.

Pastikan untuk menjalankan tips di atas sebagai langkah dasar menjadi blogger. Sudah banyak orang yang mencobanya dan hasil yang didapat sesuai harapan. Oleh karena itu, penting untuk memahami tips menjadi blogger di atas dengan baik.




hendra adi p
hendra adi p blogger from the land of borneo, interested in the online world since 2016 and until now continues to learn about everything to be able to increase self-value