Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh alat musik ritmis yang populer di dunia

alat musik ritmis
alat musik

Pernah gak lo liat pertunjukan akustik di sebuah kafe yang bernuansa etnik dan di balut temaram lampu yang syahdu,lo liat seorang gitaris akustik memetik gitar diringi dengan seorang yang menabuh kotak kayu dengan gembira,yup kotak kayu itu salah satu contoh alat musik ritmis bernama cajon.dalam tulisan kali ini sedikit menjelaskan contoh beberapa alat musik ritmis .oke cekidot,pertama penjelasan tentang alat musik ritmis. alat musik ritmis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan ritme atau pola irama dalam musik. umumnya tidak menghasilkan melodi atau nada tetap, namun fokus pada pembangunan dan mempertahankan pola ritmis dalam musik. dapat terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang sederhana seperti shaker atau maracas hingga yang lebih kompleks seperti drum set atau tabla. 

Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis yang perlu kamu tahu:


Drum 

alat musik ritmis
drum


Yang paling umum dan sering digunakan di berbagai jenis musik. Drum memiliki beberapa jenis, seperti snare drum, bass drum, tom-tom, dan lain-lain.


Cajon 

alat musik ritmis
cajon

Berasal dari Peru dan biasanya dimainkan dengan duduk di atasnya. Cajon memiliki suara yang unik dan sering digunakan dalam musik Latin, flamenco, dan dunia.


Conga 

alat musik ritmis
conga

Berasal dari Afrika dan biasanya dimainkan dalam grup dengan beberapa conga yang berbeda ukuran. Conga sering digunakan dalam musik Latin dan dunia.


Bongo 

alat musik ritmis
bongo


Alat musik  berasal dari Kuba dan biasanya dimainkan dalam pasangan. Bongo memiliki dua drum berbeda ukuran dan sering digunakan dalam musik Latin.


Djembe 

alat musik ritmis
djembe

Berasal dari Afrika dan dimainkan dengan tangan. Djembe memiliki suara yang kuat dan sering digunakan dalam musik dunia dan etnik.


Maracas  

alat musik ritmis
maracas

Terbuat dari kulit atau kerang dan diisi dengan biji atau benda kecil lainnya. Maracas dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan dan sering digunakan dalam musik Latin dan Karibia.


Tamborine 

alat musik ritmis
tamborine

Terbuat dari cymbal dan diberi hiasan dengan jingling bell atau metal jingles. Tamborine dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan atau dipukul dan sering digunakan dalam musik rock, pop, dan folk.


Shaker  

alat musik ritmis
shaker

Terbuat dari berbagai bahan seperti bambu, kayu, kulit, atau plastik dan diisi dengan biji atau benda kecil lainnya. Shaker dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan dan sering digunakan dalam musik Latin, etnik, dan dunia.


Guiro 

alat musik ritmis
guiro

Sedikit unik karena terbuat dari labu atau bambu yang diberi rongga-rongga dan dipetik dengan plektrum. Guiro sering digunakan dalam musik Latin dan Karibia.


Triangle 


 Alat musik ritmis yang terbuat dari besi dan dimainkan dengan cara dipukul dengan stik kecil. Triangle sering digunakan dalam musik orkestra dan pop.

hendra adi p
hendra adi p blogger from the land of borneo, interested in the online world since 2016 and until now continues to learn about everything to be able to increase self-value