Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih aplikasi olahraga yang efektif untuk tubuh kamu

aplikasi olahraga workout
workout

Perkembangan dunia digital saat ini sangat pesat sobat folderbaca,tidak hanya sebatas hardware belaka perkembangan software berupa programm serta aplikasi beredar luas di market digital.salah satu aplikasi yang juga diminati adalah aplikasi olahraga atau kebugaran,aplikasi ini diminati karena dapat memonitoring dan mengontrol aktivitas selama berolahraga dan berbagai feature canggih telah banyak disematkan dalam aplikasi tersebut.nah disini sobat folderbaca harus mengetahui sejauh mana feature tersebut berguna dan bermanfaat bagi kegiatan berolahraga sobat folderbaca.disini akan diberi sedikit tips buat sobat folderbaca bagaimana memilih aplikasi olahraga yang efektif dan efisien untuk tubuh sehingga tercapai kebugaran tubuh yang maksimal.


1. Mengetahui tujuan dari menggunakan aplikasi tersebut

tujuan aplikasi olahraga
motivation

motivasi setiap orang berbeda-beda dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi olahraga. ada yang hanya ingin mengetahui memonitor performa tubuh selama berolahraga,ada yang ingin menargetkan body goal dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh aplikasi.tidak salah jika kita memiliki semua motivasi asal kita konsisten dalam menjalani aktivitas olahraga yang sudah di programkan.


2. Sesuaikan dengan jenis olahraga yang sobat lakukan

fitur aplikasi olahraga
fitur aplikasi

aplikasi yang diunduh harus menyesuaikan dengan aktivitas olahraga yang ingin di lakukan,contoh aplikasi dan tips memilih program yang ditawarkan

aplikasi Home workout 

aplikasi ini paling banyak ditemui di Google Play atau App Store dan sampai saat ini banyak para developer yang masih membuat aplikasi jenis ini. Hal yang perlu diperhatikan  adalah kelengkapan menu latihannya. Apakah latihannya perlu alat atau hanya menggunakan gerakan tubuh? Sebaiknya, pilih aplikasi yang punya program latihan jelas,maksudnya disini jenis latihannya harus terukur dan terarah dari awal hingga akhir latihan misalnya 30 day challenge untuk membentuk body goal,proses untuk membentuk satu massa otot tertentu (body goal) diperlukan latihan kontinyu dari hari ke hari.latihan ini harus menjelaskan tahapan-tahapan gerakann yang harus dilakukan selama kurun waktu tertentu secara sistematis. 

aplikasi Lari dan bersepeda

jenis olahraga sepeda dan lari semakin digemari. Apakah sobat folderbaca salah satunya? Untuk olahraga lari dan sepeda, pilihlah aplikasi yang ada fitur GPS tracker yang terkoneksi dengan gawai-gawai elektronik seperti smartwatch karena Anda membutuhkannya untuk menentukan rute latihan. Selain itu, fitur performa dan health tracker juga penting untuk mengetahui jarak tempuh, kecepatan, kalori, hingga detak jantung.beberapa fitur ini cukup bermanfaat dan asik digunakan karena secara real time kita akan tahu sejauh mana tubuh kita mampu beraktivitas,ada tanda peringatan jika olahraga yang kita lakukan diluar batas kemampuan. 

aplikasi Yoga

Yoga ada berbagai macam. Ada yoga ibu hamil, yoga untuk pemula, yoga relaksasi, meditasi, hingga yoga untuk menurunkan berat badan (weight loss). Beberapa aplikasi yoga sangat spesifik terhadap latihannya, tetapi ada juga yang mencakup semua jenis yoga. 


3. Pertimbangkan aplikasi berbayar

para Pengembang aplikasi biasanya di halaman antar muka memberikan beberapa fitur gratis pada aplikasinya. Namun, untuk mengakses fitur premiumnya, Anda harus berlangganan setiap bulannya atau langsung bayar per tahun.hal ini biasa dilakukan untuk mencari para pelanggan baru mencoba fitur-fitur standard dan jika pelanggan tersebut puas dan merasakan manfaat dari aplikasi tersebut maka para pengembang menawarkan paket premium yang berbayar.  

Layanan gratis 

Saat pertama kali mengunduh aplikasi, biasanya Anda tidak dikenakan biaya apa pun. Anda juga sudah bisa menggunakan beberapa fitur atau program dasar dari aplikasi tersebut. Layanan gratis ini berguna untuk mengetes apakah aplikasi tersebut cocok untuk Anda atau tidak. 

Paket premium atau berbayar

Jika Anda yakin dengan aplikasi yang Anda pilih, jangan ragu mencoba versi premiumnya. Tentu saja fitur yang ditawarkan lebih banyak dan lengkap. Perlu atau tidaknya Anda ikut layanan berbayar ditentukan dari kebutuhan Anda. 


4.Perhatikan fitur pelengkapnya

Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda. Hal ini bisa menjadi poin pertimbangan yang bagus saat Anda ingin mengunduh aplikasi olahraga. Berikut ini beberapa fitur yang bisa meningkatkan kedisiplinan, intensitas, hingga performa Anda saat latihan.

Olahraga bersama atlet atau brand ambassador

Pernah terbayang olahraga bersama idola Anda? Hal itu tentu akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Beberapa aplikasi olahraga memilih menggunakan atlet atau brand ambassador-nya sebagai instruktur latihan. Daily Yoga dan Sweat adalah contohnya.

Kalender latihan

Latihan yang baik adalah latihan yang dijalankan. Agar Anda lebih disiplin, adanya jadwal yang teratur akan sangat membantu. Anda jadi tidak menempatkan olahraga sebagai opsi terakhir dalam jadwal harian atau mingguan Anda.

Nutrisi

Asupan nutrisi adalah faktor terpenting dalam menjaga kesehatan dan berat badan. Hasil kerja keras olahraga Anda bisa makin optimal jika asupan nutrisi Anda juga bagus. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan literatur tentang nutrisi, calorie counter, bahkan rekomendasi menu harian.

GPS dan health tracker

Untuk olahraga seperti bersepeda atau lari, GPS jadi fitur yang sangat penting. Anda bisa memonitor jarak, waktu, dan kecepatan dari GPS. Selain itu, Anda juga bisa saling berbagi rute latihan dengan orang lain. Sementara itu, health tracker membantu Anda mengecek detak jantung, jumlah langkah, dan sebagainya. Fitur ini bisa menjaga jangan sampai Anda terlalu memforsir diri hingga jatuh sakit. 




hendra adi p
hendra adi p blogger from the land of borneo, interested in the online world since 2016 and until now continues to learn about everything to be able to increase self-value